♥♥♥ The ideas are taken from the cats by cat caregivers for cats' welfare ♥♥♥

♥ We are Non Profit Online Shop ♥

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Satwa di Merapi Masih Butuh Bantuan

November 09, 2010

Satwa di Merapi Masih Butuh Bantuan


Hewan ternak mati tersapu awan panas (AP Photo/Trisnadi)
Begitu memprihatinkan derita saudara saudara kita yang tinggal dikaki gunung merapi dan sekitarnya, semikian pula dengan satwa dan hewan hewan peliharaan warga. Tadi saya lihat ditelevisi, korban jiwa terakhir yang melayang adalah sebesar 165 jiwa. dan untuk hewan ternak yang terdata mati sebesar 280, tapi ini belum terdata lagi dan kemungkinan jumlahnya kini jadi lebih banyak.


INILAH.COM, Jakarta - Tim Penyelamat satwa liar dari ProFauna Indonesia hingga kini masih berupaya mengevakuasi satwa liar yang hidup di sekitar Merapi. Namun, tim ini belum bisa memastikan kondisinya.


"Karena belum dapat izin jadi kita belum tahu kondisi primata yang ada di sekitar Merapi," kata Darmanto, salah satu Tim evakuasi satwa dari ProFauna Indonesia kepada INILAH.COM (6/11/2010).


Namun, sebelum merapi meletus 26 oktober lalu, beberapa satwa sudah turun. Walau diperkirakan masih ada di sekitar Merapi saat letusan pertama kali, tapi Darmanto mengaku satwa ini relatif lebih aman. "Satwa liar relatif lebih aman karena insting mereka kuat," katanya. 


Beberapa laporan masyarakat, menyebutkan ada beberapa satwa yang mati. "Kami upayakan memberi makan (satwa liar, red) agar tidak memakan tanaman warga," lanjutnya.

Hingga kini, tim ini belum bisa memastikan dan mengevakuasi satwa ini karena kondisi Merapi yang terus mengeluarkan awan panas. Hingga kini, ProFauna masih memfokuskan penyelamatan terhadap ternak warga.


"Sebelumnya jumlah ternak warga yang mati 280, tapi sekarang belum bisa didata lagi. Tapi ada kemungkinan bertambah," ujar Darmanto. [TJ]

Beruntung masih banyak dari rekan rekan kita yang mau berjuang menyelamatkan mereka, tergabung dalam gerakan penyelamatan satwa merapi, mereka berkolaborasi dengan indahnya. terima kasih kepada teman teman relawan dari Animal Friends Jogja–AFJ, Jakarta Animal Aid Network–JAAN, dan Centre for Orangutan Protection–COP yang sampai saat ini masih berjuang dalam penyelamatan satwa di kawasan merapi yang terkena bencana.

Tanpa banyak berfikir mereka langsung terjun ke lokasi dengan dipandu dinas peternakan Kabupaten Sleman, melalui koordinasi Pos Kesehatan Hewan  setempat di Pager Jurang dan pendataan satwa akibat bencana dapat dilakukan pada 28-29 Oktober 2010 untuk wilayah Kali Adem dan Kinahrejo yang terkena dampak paling parah ketika letusan pertama gunung Merapi dengan pendokumentasian dan pencatatan”.



Bantuanpun sudah didistribusikan berupa hijauan pakan ternak ke beberapa lokasi dengan menyediakan 3 (tiga) kendaraan pick up perhari, hal ini menjadi bagian yang penting dikarenakan satwa butuh makanan. Sumber-sumber  pakan hijau  juga  didatangkan dari Kulon Progo dan beberapa lokasi lainnya. Selain menyediakan pakan, kelompok  Peduli  Satwa Merapi juga melakukan kegiatan Pencarian dan Penyelamatan satwa (Search and Rescue Animals)  baik itu hewan domestik berupa anjing, kucing, burung-burung dan satwa liar serta pengobatan satwa dalam rangka untuk mempertahankan kesejahteraan satwa. (http://news.id.msn.com)

Andai saja hewan hewan itu tidak dikadang atau diikat, mungkin mereka bisa menyelamatkan diri. Tapi saat ini bukan saatnya untuk saling menyalahkan atau mencari kesalahan pihak pihak lain. Sekarang saatnya membantu hewan hewan yang tersisa dan mendukung teman teman relawan yang masih berjuang disana. Mari kita sadari bersama bahwa sapi, kerbau, kambing, monyet, kucing, anjing dan satwa lain bukan hanya sebatas komoditi, tetapi sebagai sesuatu yang bernyawa dan perlu diselamatkan.

Kami salah satu yang hanya mampu mendukung dari jauh, Indonesia Peduli Kucing, melalui salah seorang sahabat IPK yang berdomisili di Jogya memberikan sedikit bantuan untuk kucing, anjing dan monyet ekor panjang, yang kami titipkan kepada Animal Friends Jogya, rekan terbaik kami yang berjuang secara langsung disana. 


Bantuan berupa Makanan Kucing (Sry & Wet), Makanan Anjing (Dry & wet), Makanan Monyet (Buah & Kacang), Susu, Sampo, serta piring dan mangkuk untuk makanan kucing







Sungguh kami menyadari apa yang telah kami berikan masih jauh dari apa yang satwa Merapi butuhkan. Maka dengan ini kami mencoba mengetuk pintu hati teman teman sekalian untuk turut membantu. mari dukung teman teman relawan yang terjun langsung ke lapangan, doakan agar mereka senantiasa sehat dan tidak kurang suatu apapun, agar mereka tetap mempunyai ekstra tenaga dan ekstra semangat untuk terus memperjuangkan hak hidup hewan hewan disana.
Dan untuk teman teman yang tergerak tetapi masih ragu membantu, kami berharap tidaklah lagi ragu karena satwa disana benar benar butuh pertolongan. 
Teman teman silahkan menghubungi langsung 

Hubungi no telp 0813 2883 7434  | 0819 0371 5656  untuk pendaftaran sukarelawan, sumbangan dan info lebih lanjut.


Jangan lelah MEMBANTU, karena mereka yang ada disana masih terus BERJUANG.












referensi:
http://nasional.vivanews.com/news/read/187511-warga--informasi-evakuasi-merapi-telat
http://news.id.msn.com/okezone/regional/article.aspx?cp-documentid=4431673
http://news.okezone.com/read/2010/11/01/340/388554/gerakan-selamatkan-satwa-di-merapi

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
Locations of visitors to this page