♥♥♥ The ideas are taken from the cats by cat caregivers for cats' welfare ♥♥♥

♥ We are Non Profit Online Shop ♥

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mengapa warga Jepang menyukai kucing ?

November 07, 2010

Mengapa warga Jepang menyukai kucing ?

KHAWATIR tak bisa mebiayai anak, kini banyak orang Jepang memutuskan untuk tidak punya anak. Namun, sebagai gantinya mereka memelihara kucing. Menurut statistik 2009, di Jepang ada 10 juta kucing. hebatnya lagi di di sana ada kelas khusus untuk hewan peliharaan dan pemiliknya agar bisa berkomunikasi dengan baik.


Bagi orang Jepang, kucing adalah hewan teramat istimewa. Bahkan, konon orang Jepang lebih memilih memelihara kucing dibanding memelihara anjing. Para kaisar yang pernah menduduki tahta pemerintahan, konon selalu memelihara kucing. Hal ini dikarenakan adanya mitos turun-temurun yang menyatakan bahwa kucing adalah hewan kesayangan Dewa Amaterasu, dewa matahari.

Sebagai hewan kesayangan Dewa, kucing sering turun ke dunia manusia untuk mengamati kehidupan para manusia dan melaporkan segala yang dilihatnya itu kepada para dewa. Jika ia menemukan orang yang berhati mulia namun sangat miskin, ia akan melaporkannya kepada Dewa Kemakmuran agar orang baik tersebut diberi rahmat rejeki.

Dari mitos ini pulalah lahir boneka “ManekiNeko”, yaitu boneka atau patung kucing yang duduk dan melambaikan satu kaki depannya. Kita sering melihat patung seperti ini di toko-toko, bukan? Patung ini adalah simbol rejeki atau kemakmuran, karena orang Jepang percaya bahwa kucing itu mendatangkan rejeki.

Mitos ini tidak hanya dipercaya oleh orang Jepang, tapi juga oleh orang-orang China yang dikenal sebagai pedagang ulung. Itulah sebabnya, bagi orang Jepang, kucing dianggap hewan yang keramat. Mereka percaya, jika seseorang membunuh kucing dengan sengaja, maka kesialan akan mengikuti sepanjang sisa hidupnya akibat kutukan dewa.


“Sekalipun kamu tidak menyukai kucing, jangan sengaja membunuhnya atau resiko kutukan akan mengikuti sisa hidupmu sampai kau mati,” begitulah paham yang dianut oleh orang-orang Jepang. Sebetulnya, tidak terlalu berbeda dengan mitos kepercayaan di Indonesia, ya?

Orang Indonesia juga meyakini bahwa membunuh kucing dengan sengaja (misalnya sengaja menabrak kucing dengan mobil), maka akan membawa kesialan sepanjang umur bagi si pelakunya. Bagi umat muslim, kucing dipercaya sebagai hewan kesayangan Nabi Muhammad.

Sedangkan bagi umat non muslim, kucing diyakini mempunyai kekuatan menangkal roh-roh jahat atau makhluk halus. Konon, hantu memang tidak menyukai rumah yang penghuninya memelihara kucing.

Saking mengagungkan kucing, konon orang Jepang tidak akan memperlakukan jenazah kucing mereka dengan sembarangan. Sampai sekarang tradisi ini masih tetap berlaku bagi orang Jepang. Jika kucing peliharaan mereka mati, orang Jepang akan menguburkan jenazah sang kucing di pemakaman khusus hewan seperti layaknya pemakaman manusia.

Mereka memasang dupa di kuburan kucingnya dan mendoakan supaya arwah sang kucing diterima di Kerajaan Dewa. Diyakini, sebagai imbal-baliknya, arwah sang kucing akan melaporkan perlakuan baik yang diterimanya selama berada di bawah asuhan majikannya kepada Dewa dan Dewa akan memberkati manusia yang menjadi majikannya tersebut.

Ming (Kompetisi Kalendar IPK 2011~Maret)
Source: http://namakugusti.wordpress.com

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Kucing memang lucu koq =^-^=

Anonim mengatakan...

hiks...sedih kalau ada orang yg tidak suka kucing, tapi itu memang hak asasi pribadi masing-masing, yg penting: mereka ga diusik, ga diganggu, ga disakiti...setuju?

Unyil mengatakan...

Hebattt...
Mestinya org Indonesia jg bisa gitu tuh...

Oia,ngomong2,bukannya "Maneki Neko" tuh asal mulanya gara2 asalnya ada org yg lg jalan di kuil gtu,trs ada kucing yg melambaikan tangan k dy,sm orngnya disamperin,dan tiba2 ada petir nyamber k tempat si org itu berdiri td...Jd kucingnya tuh dah nyelametin nyawa si org itu...kira2 gtu c klo yg kubaca...
^w^

Kucing Sahabat Kita mengatakan...

@Anonim 2: Setujuuuuuu
@Unyil: iya klo dongeng Maneki Neko memang gt, tapi intinya tetap hampir sama, kucing simbol keselamatan (keberuntungan), rezeki dan kemakmuran.

59 Cattery mengatakan...

Lima Sembilan Cattery

Kunucats

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
Locations of visitors to this page